Rahasia Panjang Umur Bangau dan Kura-Kura



Di dunia ini konon ada dua hewan yang berumur panjang, yaitu burung bangau dan kura-kura. Keduanya bisa hidup hingga ratusan tahun. Padahal, kaisar-kaisar di Cina dulu cuma bisa hidup sampai usia 40 tahunan.


Kaisar-kaisar lalu memanggil seorang tabib untuk mencari tahu rahasia di balik umur panjang kedua hewan itu. Rahasia itu akhirnya dibongkar. Berdasarkan kajian si tabib, rahasianya ada pada gerakan kaki (seperti kesimbangan kaki burung bangau) dan putaran leher (kura-kura saat berjalan). Kedua gerakan itulah yang diadopsi dalam olah tubuh ala taichi.


Taichi adalah olah tubuh warisan kuno Cina yang mengutamakan gerakan lemah gemulai dan anggun, napas yang dalam, dan konsentrasi mental untuk mendapatkan harmoni antara badan dan jiwa.


Karena taichi adalah aktivitas yang tidak keras, maka taichi sangat dianjurkan bagi manula yang sedang mengalami penurunan kesehatan atau persoalan fisik lainnya. Taichi juga olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, tidak memerlukan peralatan khusus, dan bisa dilakukan kapan saja.


Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat taichi bagi para warga senior, antara lain menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan sendi, serta mengurangi lemak tubuh.


Karmaka Surjaudaja (76), adalah salah satu penggemar olahraga taichi. CEO Bank NISP ini setiap hari tak pernah absen melakukan taichi di lapangan GOR Pajajaran, kota Bandung. Kegiatan olah tubuh itu sudah 12 tahun dilakoninya, yakni sejak ia melakukan tranplantasi lever pada tahun 1997.


"Taichi membuat fisik saya lebih kuat, bahkan setelah saya menjalani cangkok ginjal 23 tahun lalu," kata pria yang memang masih terlihat bugar dan tegap ini. Dengan kedisplinan tinggi dalam melakukan olahraga pernapasan itu, Karmaka mampu bertahan dari hari ke hari, meski kini tubuhnya telah digerogoti kanker.


Awam akan melihat taichi seperti tarian yang indah, dengan gerakan yang lambat, mengalir dan tak berkeputusan. Namun justru dalam kelembutannya tersembunyi tenaga yang kuat. "Kalau habis berlatih badan bisa basah oleh keringat karena gerakan taichi banyak yang bertumpu pada lutut," papar Karmaka.


Taichi menekankan pernapasan perut yang dalam, sehingga paru-paru terpakai maksimal dibandingkan pernapasan dada pada umumnya. Taichi juga meningkatkan detak jatung sehingga bisa membantu kesehatan jantung dan paru.


Walaupun gerakan lambat, sebenarnya siapa pun boleh melakukan taichi. Satu kali latihan terdiri dari 20 menit pemanasan, 24 menit latihan taichi, dan 10 menit pendinginan.


Disadur dari www.kompas.com

Posted in by Taichi I Ching. 1 Comment

1 Response to "Rahasia Panjang Umur Bangau dan Kura-Kura"

Leave a Comment