Sensasi mengikuti Gerak Energi dipagi hari

Setiap pagi sekitar jam 5:30  saya dan beberapa anggota Tai Chi I Ching rutin melakukan olahraga gerak.
Energi dipagi hari terasa sangat enak, segar , nyaman dan damai. kami pun bergerak mengikuti alunan musik
Gerak berasal dari kehendakNya dan setiap gerakan tidak melewati pikiran. kami hanya mengikuti kemana arah gerak energi tersebut mengarahkan disetiap lenturan gerakan tubuh.
Sensasi energi gerak terasa membungkus seluruh tubuh dan puncaknya kita bergerak sesuai kehendak-Nya, lepas, tanpa diarahkan dan mengalir begitu dan terasa ringan. setiap sensasi gerak energi yang mengalir mungkin berbeda-beda untuk setiap orang. setelah melakukan latihan gerak pagi badan kami terasa segar dan fit , siap untuk beraktifitas. Manfaat gerak tadi berpengaruh terhadap kesehatan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit, tingkat / gairah kerja , disiplin dan motifasi atau semangat kerja.
Bila anda termasuk orang yang malas bangun pagi coba dipraktekan hal ini, pastinya badan anda terasa lebih fit dan segar dibandingkan dengan kita bangun siang hari.
Hal ini sudah dibuktikan oleh salah satu anggota Tai Chi I Ching, Pak Mus kalau dilihat umur beliau sudah menginjak usia 60an , Dia rutin melakukan latihan gerak pagi, phisik beliau kelihatan bugar dan jarang terkena penyakit. Pernah satu hari kami masuk hutan berjalan sekitar 2KM kemudian pulang jadi total sekitar 4Km, beliau cukup tangguh dan mantap tak kalah dibandingkan dangan anak muda usia 30-an.

berikut ini kutipan dari internet tetang faedah bangun pagi

Menurut Ahmadie Thaha (1983: 141) faedah bangun pagi di antaranya :

1. Pada waktu subuh, gas ozon (O3**) memenuhi sebgian besar udara kita. Jumlah gas itu semakin berkurang dengan munculnya matahari. Kita merasakan nikmat apabila menghirup udara pagi, disebabkan udara yang mengandung ozon dalam jumlah yang banyak. Dan gas ozon sangat berguna bagi organ syaraf, menumbuhkan semangat kerja, pikiran maupun anggota tubuh yang lain. Tak ada waktu yang lain, kita dapat menikmati udara yang nyaman selain waktu pagi.

2. sinar matahari pagi, mengandung warna merah dan warna ungu memberikan pengaruh tersendiri bagi semangat kerja urat syaraf, sedangkan sinar ultra violet amat bermanfaat bagi kulit di dalam proses penciptaan vitamin D.
3. bangun pagi, dapat mengurangi waktu tidur. Orang yang tidur berlama-lama dalam satu waktu, akan ditimpa penyakit hati, khususnya penyakit atherosclerosis, sesak napas.
4. di waktu pagi hari, jumlah kortozon yang terdapat dalam darah mencapai puncaknya, sekitar 7-22 mikrogram/100 ml plasma. Sedangkan pada sore hari hanya kurang dari 7 mikrogram/100 plasma. Kortozon merupakan zat yang mempergiat proses metabolisme.



Semoga bermanfaat dan sehat selalu...
Ditulis oleh AT 17/04/2010...

Posted in by Taichi I Ching. No Comments
Leave a Comment